7 Cara Mencegah Luka di Paha Akibat Selangkangan Lecet (dan Cara Mengobatinya)

Selangkangan lecet atau thigh chafing terjadi ketika bagian paha dalam saling bersentuhan (atau bersentuhan dengan kain pakaian) saat Anda berjalan atau berlari, sehingga menciptakan gesekan yang merusak lapisan terluar kulit, menyebabkan kulit paha menjadi sensitif dan meradang.

Ruam kemerahan ini akan membuat Anda tidak nyaman saat memakai gaun, rok atau celana — terutama saat cuaca panas dan lembap. Saat Anda berkeringat, udara lembap akibat keringat akan menempel di kulit dan semakin memecah lapisan kulit.

Dilansir dari Health, menurut dr. Melissa Piliang, MD, dermatologis di Cleveland Clinic, apapun yang bisa menyerap kelembapan bisa membantu mencegah selangkangan lecet. Namun, jangan jadikan deodoran pilihan utama Anda — walaupun deodoran akan cukup ampuh di saat darurat. Menurut Piliang, deodoran justru mengeringkan kulit. Jadi, jika Anda terus menerus menggunakan deodoran, kulit Anda mungkin akan semakin meradang. Lalu, apa solusinya?

Berbagai cara mudah mengobati selangkangan lecet
Bedak

Kulit yang basah dan lembap dapat membuat lecet semakin parah. Bedak dapat menyerap minyak dan kelembapan dari lapisan kulit. Sebelum Anda keluar rumah, bubuhkan bedak tabur atau bedak bayi ke bagian paha dalam dan lipatan paha, area yang akan banyak berkeringat.

Petroleum jelly

Petroleum jelly bertindak sebagai pelumas untuk mencegah timbulnya luka lecet akibat gesekan paha. Oleskan jelly di bagian paha dalam dan lipatan paha. Anda bisa mengulangi aplikasi beberapa kali sepanjang hari. Petroleum jelly juga bisa digunakan untuk mengobati kulit yang terlanjur meradang.

Lip balm

Sama halnya dengan petroleum jelly, lip balm bisa mencegah luka di paha akibat selangkangan lecet karena teksturnya yang licin menyediakan penghalang transparan untuk mencegah gesekan. Untuk perlindungan ekstra, Anda bisa mengoleskan deodoran roll-on antiperspirant di daerah yang paling sensitif.

Celana pendek ketat

Celana pendek ketat (spanx) adalah pilihan yang baik ketika Anda ingin memakai baju terusan. Celana pendek ketat dapat membantu mencegah luka lecet di paha akibat gesekan terus menerus. Kain akan bertindak sebagai penghalang antar kulit untuk meminimalisir terjadinya gesekan dan menyerap keringat.

Minyak kelapa

Selain ampuh untuk perawatan rambut. Minyak kelapa juga ampuh untuk mencegah luka lecet akibat gesekan paha. Cukup campurkan satu sendok minyak kelapa, baking soda, dan minyak esensial pilihan Anda, kemudian oleskan di bagian paha dalam dan lipatan paha.

Body lotion

Body lotion bisa menjadi satu solusi cepat untuk menghindari lecet. Gunakan lotion khusus untuk kulit sensitif atau jenis yang memperbaiki kulit kering. Selain itu, body lotion yang mengandung raw shea butter juga terbukti ampuh mencegah terjadinya lecet di paha.

Pilih pakaian yang benar

Saat berolahraga, kenakan pakaian pas badan dengan bahan yang tidak memerangkap keringat, seperti serat sintetis. Jangan berolahraga menggunakan kaus atau celana katun. Katun hanya akan memerangkap kelembapan dan mengiritasi kulit semakin parah. Anda juga dapat membertimbangkan untuk melakukan sesi olahraga terpisah untuk bagian tubuh atas dan bawah bergantian hari demi mengistirahatkan paha Anda dari gesekan berlebih saat berkeringat di gym.

Bagaimana cara mengobati selangkangan lecet, jika sudah terlambat?
Luka lecet di paha harus segera diobati, jadi jangan mengabaikannya. Bersihkan daerah yang teriritasi dengan air, jangan digosok, dan keringkan dengan baik. Anda juga bisa gunakan sabun pelembap ringan.

Setelah dibersihkan, oleskan petroleum jelly. Jika lecet terasa sangat menyakitkan, membengkak, berdarah, atau timbul kerak kulit menebal, hubungi dokter. Dokter mungkin akan meresepkan salep obat untuk peradangan kulit Anda.

Berikan waktu istirahat bagi kulit Anda untuk sembuh total, sebelum Anda mulai kembali aktif. Kenakan pakaian longgar dan lembut di siang hari, dan piyama katun saat tidur malam. Gesekan terus menerus hanya akan membuat peradangan semakin memburuk. Jika peradangan kulit Anda tidak membaik, mungkin Anda akan memerlukan salep antibiotik dokter untuk menyembuhkan area infeksi.

Comments

Related Post

loading...